Rabu, 20 April 2011

SISTEM RESERVASI TIKET PESAWAT TERBANG BERBASIS WEB



SISTEM RESERVASI TIKET PESAWAT TERBANG BERBASIS WEB


Karakteristik Sistem

• Memiliki komponen

Sistem ini dikembangkan untuk mempermudah proses pendistribusian tiket, proses reservasi ini memungkinkan pemesanan untuk tidak ketemu langsung dengan pelanggan, pemesan dapat melakukan proses reservasi kapanpun dan dari manapun melalui portal online yang kami sediakan.
Proses Reservasi hanya membutuhkan informasi KTP sebagai validator pada saat penukaran bukti reservasi dengan tiket. Validasi terhadap bukti reservasi dianggap valid jika informasi data KTP yang ditunjukan sesuai dengan data KTP yang digunakan pada saat reservasi.
Reservasi dianggap valid jika total bayar yang tertera pada proses reservasi sesuai dengan total setor yang masuk pada sistem kami, dengan tetap memperhatikan kode unik yang diperoleh pada saat reservasi. Karena kode inilah yang merupakan bagian terpenting untuk proses validisasi terhadap jumlah nilai setoran yang masuk ke sistem ini.
Sistem reservasi pesawat terbang pada suatu maskapai penerbangan sangat diperlukan guna efisien dan efektifitas maskapai penerbangan tersebut. Dalam sistem reservasi pesawat terbang ini mencakup segala informasi mengenai jadwal penerbangan, pemesanan tiket pesawat terbang, data penumpang pesawat terbang, biaya tiket pesawat terbang, pembatalan keberangkatan, daftar penumpang dalam suatu pesawat, dan informasi-informasi lain.

Dengan terus berkembangnya teknologi internet, web menjadi suatu alat bantu yang tidak hanya mampu menyediakan informasi, tetapi juga mampu untuk mengolah informasi. Sehingga dengan menggunakan web daya jangkau layanan suatu maskapai penerbangan sangat luas dan juga memudahkan calon penumpang sehingga tidak perlu datang langsung ke kantor cabang, tetapi cukup menggunakan internet dimanapun berada untuk melakukan pemesanan tiket pesawat terbang. Proses pengolahan informasi pada sistem reservasi pesawat terbang dengan memanfaatkan teknologi web menyebabkan web menjadi media informasi yang dinamis yang dapat memudahkan calon penumpang dalam pemesanan tiket pesawat terbang.

• Batas sistem (boundary)
1. Sistem tersebut tidak membahas bagaimana cara penukaran bukti sector dengan tiket aksi.
2. Kami tidak membahas penentua jadwal dan tarif setiap maskapai.
3. Kami tidak membahas bagaimana cara tentang pembatalan tiket, termasuk berapa jumlah nilai dari nilai setoran yang dapat kami berikan kepada pemesan.

• Lingkungan luar sistem (environment)
Bank sebagai sarana pembayaran / transaksi pemesanan tiket pesawat terbang.
Instansi maskapai penerbangan.

• Masukan sistem (input)
Entri data merupakan informasi yang menyediakan data dan pengolahan data
untuk segala informasi mengenai jadwal penerbangan, pemesanan tiket pesawat terbang, data
penumpang pesawat terbang, biaya tiket pesawat terbang, pembatalan keberangkatan, daftar
penumpang dalam satu pesawat.

• Keluaran sistem (Output)
Data reservasi , yang merupakan data pemesan yang telah tervalidasi.

• Pengolah sistem (Process)
Data yang masuk dari pemesan difilter dengan beberapa kriteria, salah satunya adalah informasi mengenai jumlah nilai setoran yang masuk pada system, apakah sesuai dengan nilai yang seharusnya disetor.
Data yang masuk pada system reservasi ini yang berkaitan dengan informasi jadwal penerbangan,kelas tiket pesawat, jumlah tiket yang diinginkan pemesan harus disesuaikan dengan ketersediaan tiket yang ada.
Data penumpang pesawat terbang diperoleh dari data reservasi yang sudah tervalidasi.
Tiket pesawat terbang dipelloreh dari data penumpang yang sudah tervalidasi.
Pembatalan keberangkatan dilakukan dengan melakukan konfirmasi pembatalan erhaddap system.
Data daftar penumpang dalam satu pesawat diperoleh dari data penumpang yang sudah tervalidasi dan penumpah yang sudah mendapatkan tiket. Data pembatalan tiket pesawat terbang juga diperhitungkan dalam penentuan penumpang dalam satu pesawat terbang.

• Sasaran sistem
Orang- orang yang membutuhkan kenyamanan dan kemudahan dalam pemesanan tiket pesawat terbang.


Tujuan dan Manfaat Sistem

Tujuan Sistem :

• Mempermudah pengguna transportasi pesawat terbang untuk memperoleh informasi mengenai jadwal penerbangan, pemesanan tiket pesawat terbang, data penumpang pesawat terbang, biaya tiket pesawat terbang, pembatalan keberangkatan, daftar penumpang dalam satu pesawat, pemesanan tiket pesawat terbang.

Manfaat Sistem :
1. Sistem reservasi pesawat terbang berbasis web dapat menyediakan data dan pengolahan data untuk segala informasi mengenai jadwal penerbangan, pemesanan tiket pesawat terbang, biaya tiket pesawat terbang dan juga pembatalan keberangkatan suatu pesawat terbang.
2. Sistem reservasi pesawat terbang dapat diakses secara online di setiap tempat yang memiliki sambungan internet. Sehingga sangat memudahkan pengguna yang ingin melakukan reservasi pesawat terbang.
3. Sistem reservasi Pesawat Terbang didesain menggunakan metode pengolahan data langsung. Penggunaan pengolahan data langsung tersebut dimaksudkan agar setiap kejadian atau informasi pemesanan tiket dapat secara langsung diproses dengan cepat.

Pihak-pihak yang terlibat dalam sistem :
1. Pelanggan.
2. Maskapai
3. Pegawai
4. Managemen
5. Pemesan
Metode Pengembangan Sistem :
Prototyping

Pendekatan Prototyping adalah proses iterative yang melibatkan hubungan kerja yang dekat antara perancang dan pengguna, sehingga kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan oleh klient dapat terpenuhi oleh pengembang dengan memberikan fitur-fitur dalam aplikasi tersebut. Dalam hal ini pelanggan dapat melakukan customizing terhadap aplikasi tersebut, termasuk dalam hal desain interfacenya.


Proses Prototyping

1) Pengumpulan kebutuhan: developer dan klien bertemu dan menentukan tujuan umum, kebutuhan yang diketahui dan gambaran bagian-bagian yang akan dibutuhkan berikutnya;Perancangan: perancangan dilakukan cepat dan rancangan mewakili semua aspek software yang diketahui, dan rancangan ini menjadi dasar pembuatan prototype; Evaluasi Prototype: klien mengevaluasi prototype yang dibuat dan digunakan untuk memperjelas kebutuhan software.
2) Perancangan: perancangan dilakukan cepat dan rancangan mewakili semua aspek software yang diketahui, dan rancangan ini menjadi dasar pembuatan prototype;
3) Evaluasi Prototype: klien mengevaluasi prototype yang dibuat dan digunakan untuk memperjelas kebutuhan software.


Alasan Penggunaan Model Prototyping
1) Komunikasi antara analis sistem dan pemakai membaik.
2) Analis dapat bekerja dengan lebih baik dalam menemukan kebutuhan pemakai.
3) Pemakai berperan lebih aktif dalam pengembangan system.
4) Spesialis informasi dan pemakai menghabiskan lebih sedikit waktu dan usaha dalam mengembangkan system.
5) Implementasi menjadi lebih mudah karena pemakai mengetahui sistem yang diharapkan.

Rancangan Sistem

Konteks Diagram

diagram adalah suatu diagram aliran data tingkat tinggi yang menggambarkan seluruh jaringan dan masukan keluaran (input/output) sebuah sistem yang dimaksud adalah untuk menggambarkan sistem yang sedang berjalan, mengidentifikasikan awal dan akhir data yang masuk dan keluar sistem.


Data Flow Diagram(DFD)

Data Flow Diagram (DFD) sering digunakan untuk menggambarkan suatu sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik dimana data tersebut mengalir (misalnya lewat telepon, surat dan sebagainya) atau lingkungan fisik dimana data tersebut akan disimpan (misalnya hardisk, tape, disket dan lain-lain).

Data Flow Diagram (DFD) merupakan alat yang digunakan pada metodologi pengembangan sistem yang terstruktur. Data Flow Diagram (DFD) merupakan alat yang cukup popular sekarang ini, karena dapat menggambarkan arus data didalam sistem dengan terstruktur dan jelas. Data Flow Diagram juga merupakan dokumentasi dari sistem yang baik





Kesimpulan :

1. Sistem reservasi pesawat terbang berbasis web dapat menyediakan data dan pengolahan data untuk segala informasi mengenai jadwal penerbangan, pemesanan tiket pesawat terbang, biaya tiket pesawat terbang dan juga pembatalan keberangkatan suatu pesawat terbang.
2. Sistem reservasi pesawat terbang dapat diakses secara online di setiap tempat yang memilikisambungan internet. Sehingga sangat memudahkan pengguna yang ingin melakukan reservasi pesawat terbang.



By Hario, Satya, Rieskha

Contoh Tugas Analisis Website

Analisis Website Lion Air


Analisis web ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu :

1. Visibility of system status

Tidak ditemukan masalah

2. Match between system and the real world

Masalah Ditemukan: Metode pembayaran yang tidak sesuai dengan tempat asal pembeli tiket. Disini contohnya seseorang yang berangka dari Singapura, ditawarkan metode pembayaran melalui ATM Bank di Indonesia.

Solusi Masalah: Hilangkan metode pembayaran yang tidak sesuai dengan tempat asal pengguna.

3. User control and freedom

Masalah Ditemukan: Penggunaan Javascript yang berlebihan. User yang mematikan fungsi javascript di browsernya tidak dapat melakukan navigasi dengan baik dan memesan tiket.

Solusi Masalah: Kurangi penggunaan Javascript pada fungsi-fungsi utama website. Buat secondary navigasi berbasiskan text pada bagian footer.

Masalah Ditemukan: Penggunaan Breadcumb yang tidak sesuai dengan standar. Breadcumb tidak dapat di klik untuk mengizinkan pengguna kembali pada halaman sebelumnya berdasarkan tingkat hirarki.

Solusi Masalah: Buat Breadcumb dapat di klik untuk memudahkan kembali ke tahap sebelumnya. Tanpa harus menekan tombol kembali pada bawah halaman.

Masalah Ditemukan: Tidak ada fungsi pencarian.
Solusi Masalah: Buat fungsi pencarian untuk memudahkan pengguna.

4. Consistency and standards

Masalah Ditemukan: Penempatan logo yang tidak sesuai dengan konvensi
Solusi Masalah: Buat gambar header baru dengan logo di pojok kiri atas

Masalah Ditemukan: Pada beberapa halaman, mengklik logo tidak membawa pengguna ke halaman awal

Solusi Masalah: Buat logo link back ke homepage

Masalah Ditemukan: Text link yang tidak berubah warna ketika telah dikunjungi.
Solusi Masalah: Buat setting di css, jika sebuah halaman di kunjungi maka text link terkait berubah warna

Masalah Ditemukan: Pada beberapa halaman tombol tidak highlight jika sedang berada di halaman tersebut.
Solusi Masalah: Perbaiki code pada sistem navigasi bar.

5. Error prevention

Masalah Ditemukan: Input format kartu kredit tidak jelas
Solusi Masalah: Buat deskripsi jelas mengenai format input atau berikan layout text box yang baik sesuai dengan yang tertera pada kartu kredit.

6. Recognition rather than recall
Tidak ditemukan

7. Flexibility and efficiency of use

Masalah Ditemukan: Pengguna harus memilih negara dan bahasa pada setiap kunjungan melalui splash page.

Solusi Masalah: Dengan menyimpan pilihan pengunjung, sehingga pada kunjungan berikutnya tidak perlu memilih negara dan bahasa kembali.

Masalah Ditemukan: Banyak halaman yang mati dan dalam tahap “Under Construction”
Solusi Masalah: Lakukan pengecekan berkala pada halaman-halaman yang mati. Jangan mempublish halaman yang hanya menampilkan pesan “Under Construction”.

8. Aesthetic and minimalist design

Masalah Ditemukan: Halaman Pop-up dan penggunaan Javascript
Solusi Masalah: Penggunaan Javascript untuk sendiri sebaiknya dihindari ditambah dengan halaman pop-up. Halaman popup mengakibatkan pengguna kehilangan orientasi. Hindari penggunaan halaman pop-up.

Masalah Ditemukan: Penggunaan grafik dengan kualitas gambar rendah
Solusi Masalah: Gunakan grafik dengan kualitas sedang dengan tetap memperhatikan ukuran gambar.

Masalah Ditemukan: Tidak ada icon pada link file pdf
Solusi Masalah: Berikan ikon pada file-file pdf

9. Help users recognize, diagnose, and recover from errors

Tidak Ditemukan

10. Help and documentation

Masalah Ditemukan: Tidak ada Sitemap

Solusi Masalah: Buat halaman khusus sitemap. Sitemap berguna untuk menolong pengunjung dan bot search engine untuk menemukan halaman pada sebuah website.

Masalah Ditemukan:Tidak ada halaman Help atau FAQ.

Solusi Masalah: Buat halaman khusus untuk menampilkan fungsi Help atau bisa dengan membuat halaman Frequently Asked Question (FAQ).

Masalah Ditemukan: Tidak ada petunjuk bagaimana pengunjung memesan tiket

Solusi Masalah: Buat semacam petunjuk di halaman awal bagaimana pengguna dapat memesan tiket.


By Hario, Satya, Ari SI09

Contoh Tugas Analisis Website

Analisis Website Tosiba


BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Seiring dengan datangnya arus globalisasi, teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan sangat cepat. Meluasnya akses terhadap fasilitas komunikasi massa dan alat informasi termasuk internet dalam beberapa tahun terakhir ini telah menciptakan transformasi besar-besaran dalam interaksi sesama manusia. Media komunikasi dan peralatan elektronik terus berkembang untuk memenuhi tuntutan lingkungan yang terus mengacu pada pertumbuhan teknologi.
Kemajuan teknologi selalu melahirkan suatu produk baru yang pastinya memenuhi permintaan pasar. Dengan munculnya berbagai produk-produk baru dilandasi dengan kecanggihan teknologi menjadikan konsumen untuk terus mengejar kemajuan teknologi dengan menggunakan kecanggihan suatu produk. Kenyamanan dalam menikmati peralatan yang berteknologi canggih membuat masyarakat berperilaku konsumtif terhadap produk-produk yang semakin canggih. Dengan adanya tuntutan era globalisasi perusahaan TOSHIBA terus menciptakan produk canggih yang memberikan kenyamanan terhadap penggunaan produk tersebut. Dengan strategi pemasaran berbasis internet, memungkinkan konsumen diberikan kemudahan dalam mencari informasi yang customer butuhkan mengenai produk TOSHIBA. Desain Interface pada halaman web yang sederhana namun tidak membosankan user dalam berinteraksi dengan halaman web tersebut, menjadikan suatu strategi bisnis dari pembuat web untuk menarik user untuk terus mengunjungi toshiba.com. Dalam makalah ini akan menganalisis halaman web toshiba.com dengan batasan toshiba.com regional Amarika Serikat dari segi tujuan, definisi,visi & komitmen perusahaan, analisis dari segi interface beserta fungsi-fungsinya yang memberikan kemudahan kepada user dalam melakukan interaksi dengan halaman website ini.

1.2. Tujuan
Dalam pembuatan analisis ini bertujuan untuk :
1.2.1. Memenuhi tugas perkuliahan dalam mata kuliah IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) sebagai pengganti UTS (Ujian Tengah Semester).
1.2.2. Menganalisis desain interface pada halaman web toshiba.com
1.2.3. Mengetahui isi dari web toshiba.com

1.3. Manfaat
Manfaat pembuatan analisis terhadap web toshiba.com adalah sebagai :
1.3.1. Pembelajaran dalam menganalisis suatu halaman website
1.3.2. Cara dalam mengimplementasikan materi perkuliahan interaksi dan prinsip desain interface dalam mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer

1.4. Rumusan Masalah
1.4.1. Apakah tujuan, visi, dan komitmen perusahaan dalam menjalankan bisnis ini?
1.4.2. Bagaimana isi dari web toshiba.com dilihat dari tatanan desain interfacenya?
1.4.3. Apa kesimpulan dari hasil analisis toshiba.com?

1.5. Batasan Masalah
1.5.1. Tujuan website
1.5.2. Struktur website
1.5.3. Fungsi dari tampilan pada website
1.5.4. Analisis desain interface berdasarkan prinsip desain interface

BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Definisi Perusahaan Toshiba.com
Toshiba Corporation yang berbasis di Tokyo, adalah produsen dan pemasar beragam produk elektronik dan listrik maju, mencakup informasi dan peralatan komunikasi dan sistem, solusi berbasis internet dan jasa, komponen elektronik dan material, sistem tenaga, industri dan sistem infrastruktur sosial, dan peralatan rumah tangga. Perusahaan ini 9 produsen terintegrasi terbesar di dunia peralatan listrik dan elektronik, dengan penjualan di seluruh dunia dan konsolidasi beberapa karyawan 161.000 tahunan lebih dari US $ 53 miliar.

2.2. Visi dan Komitmen Toshiba.com

2.2.1. Visi Toshiba.com

2.2.1.1. Visi Lingkungan 2050
Manusia akan terus memajukan teknologi dan terus bergerak maju untuk menciptakan nilai diperkaya. Such enriched value, however, is not created in human society alone. diperkaya nilai seperti itu, bagaimanapun, tidak diciptakan dalam masyarakat manusia saja.. Manusia masyarakat manfaat dari jasa yang diberikan oleh ekosistem, termasuk suplai air, oksigen, dan sumber daya lainnya, serta pemurnian masalah limbah dari masyarakat manusia. Perusahaan tidak bisa membangun masyarakat yang berkelanjutan kecuali jika perusahaan terlebih dahulu kegiatan kperusahaan dalam kapasitas lingkungan yang memungkinkan jasa ekosistem untuk bekerja secara efektif. Sangat penting untuk memastikan koeksistensi dengan lingkungan global, yang mengelilingi masyarakat manusia.
Toshiba Grup telah mengembangkan lingkungan Visi 2050, sebuah visi perusahaan yang membayangkan gaya hidup makmur selaras dengan Bumi sebagai situasi ideal umat manusia pada tahun 2050, dan akan bekerja untuk mewujudkan visi ini.
Sepanjang siklus hidup produk mulai dari pembuatan dan gunakan untuk pemakaian ulang dan daur ulang, Toshiba Group akan berusaha untuk menyediakan gaya hidup nyaman lebih aman dan lebih dan menciptakan nilai bagi pelanggan diperkaya. Grup juga akan berusaha untuk selaras dengan Bumi dengan bekerja untuk mengurangi perubahan iklim, menggunakan sumber daya secara efisien, dan mengelola bahan kimia, tiga pilar dari sistem manajemen lingkungan.


2.2.1.2. Indikator Kinerja
Mengekspresikan penciptaan nilai baru dan harmoni dengan Bumi - dua gol dideklarasikan dalam Lingkungan Visi 2050 - sebagai fraksi, dengan mantan pembilang dan yang terakhir sebagai denominator dan mengejar dua gol pada saat yang sama ini didasarkan pada konsep panggilan "eco-efisiensi." Toshiba Group derajat peningkatan eko-efisiensi "Faktor," dan meningkatkan Faktor mengarah ke gaya hidup makmur selaras dengan Bumi. Oleh karena itu, berolahraga imajinasi perusahaan dan, berdasarkan beberapa prediksi membentuk masa depan masyarakat, perusahaan menguji apa yang harus Faktor di dunia pada tahun 2050. Diasumsikan bahwa produk domestik bruto (PDB) suatu negara mencerminkan nilai yang rakyatnya dapat menikmati. Menurut Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), world'saverage PDB per kapita diperkirakan akan tumbuh 3,4 kali pada tahun 2050.

2.2.1.3. Sebagai Warga Korperat di Planet Bumi
Berkontribusi pada penciptaan lingkungan yang baik global, dan menghormati budaya dan adata istiadat di masyarakat di seluruh dunia ketika melakukan bisnis, dan berkontribusi kepada masyarakat lokal. Toshiba Group akan menawarkan solusi optimal dengan mempertimbangkan semua situasi yang berbeda di berbagai wilayah dunia seperti kemakmuran ekonomi, sumber daya diakses, dan pembangunan infrastruktur.

2.2.1.4. Inisiatif untuk mewujudkan Masyarakat yang Berkelanjutan
Dalam pengelolaan lingkungan , penting untuk mengevaluasi secara kuantitatif apakah inisiatif perusahaan benar-benar membuat kemajuan menuju terwujudnya masyarakat yang berkelanjutan. Toshiba Group memperkenalkan KAPUR berbasis metode evaluasi * komprehensif dan sejak menggunakannya sebagai indikator pengelolaan lingkungan. Penilaian KAPUR metode lingkungan berdasarkan perhitungan kerusakan, menilai dampak pada empat elemen yang harus dilindungi: kehidupan, dan faktor-faktor penting untuk mempertahankan kehidupan, baik untuk masyarakat manusia dan ekosistem.


2.2.1.5. Pengurangan emisi CO2 untuk Produk eko
Sehubungan dengan penghijauan Teknologi atau menyediakan peralatan energi, pengurangan emisi CO total efek 2 dihitung dengan mengalikan perbedaan antara emisi CO 2 koefisien rata-rata per unit listrik dari semua pembangkit listrik termal yang beroperasi di FY2020 dan emisi CO 2 koefisien per unit sumber daya alternatif Toshiba pembangkit listrik beroperasi di FY2020, dengan total volume listrik yang akan dihasilkan dalam FY2020 (lihat tabel di bawah).


2.2.1.6. Toshiba Gaya eko
Dalam rangka untuk lebih mempercepat inisiatif untuk pengelolaan lingkungan melalui tiga konsep "Green" karena bertujuan untuk menjadi salah satu perusahaan terkemuka di dunia eco-dan menekankan pendekatan terhadap isu-isu lingkungan dalam spektrum yang luas dari masyarakat, Toshiba Group telah mendirikan eko Toshiba gaya "sebagai merek global bersatu untuk inisiatif lingkungan. Ini akan bekerja untuk mencapai dua gaya eko pada skala global: (1) Bagi individu, produk perusahaan eko-sadar menciptakan nilai dan membantu untuk mewujudkan kaya, gaya hidup yang lebih beragam, sekaligus mengurangi dampak pada lingkungan global. Bagi masyarakat, kemajuan perusahaan di sistem tenaga, jaringan transmisi canggih dan sistem infrastruktur penting aman tingkatan baru kenyamanan, keselamatan dan keamanan, sementara memberikan kontribusi bagi terwujudnya planet Bumi lebih hijau.

2.2.2. Komitmen Toshiba.com
Sebagai "warga korporat planet Bumi," mempromosikan Grup Toshiba manajemen berorientasi CSR, menempatkan penting untuk bertindak dengan integritas dalam semua kegiatan bisnis. Dalam rangka mempertahankan praktek bisnis yang adil dan adil dan untuk mendapatkan kepercayaan dari seluruh masyarakat di mana perusahaan melakukan bisnis, perusahaan menempatkan prioritas tinggi pada kepatuhan hukum, hak asasi manusia dan lingkungan.


2.3. Analisis Website Toshiba.com Berdasarkan Prinsip Desain Interface
1. Accessibility
Aspek Accessibility dalam website TOSHIBA menurut kelompok perusahaan sudah terpenuhi, karena user cukup mudah berinteraksi dengan website ini Selain itu website ini sudah menggunakan beberapa bahasa yang dapat diakses pada setiap posisi negara pada pengguna. Terdapat berbagai macam bahasa yang dapat diakses oleh pengguna.

Tampilan pilihan menu bahasa






Tampilan menu utama yang menggunakan bahasa inggris dan tidak ada pemilihan bahasa


2. Aesthetically pleasing
Dalam hal penempatan menu dalam website TOSHIBA sangat bagus dan terstruktur sehingga dapat mempermudah pengguna dalam memilih menu yang diinginkan. Menu tersusun dari kiri ke kanan berdasarkan menu yang paling sering dikunjungi oleh user.

Tampilan menu pada website Toshiba yang terstruktur

3. Availability
Menampilkan objek yang harus tampil setiap saat ketika user membuka link atau menu, sub menu ataupun informasi yang dipilih oleh user. Dalam halaman web toshiba.com terdapat objek yang selalu tampak ketika membuka halaman lain dari link web toshiba.com adalah merk TOHIBA beserta slogan yang tertera di bawah tulisan merk TOSHIBA. Dan peletakannya pun konsisten berada pada posisi kiri paling atas.

4. Clarity
Jelas secara visual, dimana dapat didefinisikan sebagai berikut :
a. Balance :
Website Toshiba ini cukup konsisten dalam tataletak elemen website. Dengan memperhatikan rata kiri-kanan dan atas-bawah sehingga website ini tampak teratur dan rapi soal desain interfacenya. Ukuran menupun juga diperhatikan agar tampak rapi. Posisi halaman website tepat berada pada centre oada tampilan di layar monitor.

b. Symmetry:
Ukuran desain antar muka dalam tampilan website toshiba sudah setara dan berulang kiri dan kanan.

c. Regularity :
Dalam website toshiba ukuran font, gambar, tataletak menu dalam website sudah teratur dan rapi. Begitu juga warna latarnya yang minimalis berwarna putih dengan font berwarna biru muda dan hitam sehingga mempermudah pengguna dalam melihat elemen-elemen yang ada dalam website tersebut.
Tampilan Menu Utama Website Toshiba yang tata letaknya sudah memenuhi standar prinsip desain UI dari sisi regularity :





d. Predictability
Predictability disini mengandung arti tampilan menu yang ada mudah diprediksi atau mudah tergambarkan mengenai sub menunya.
Tampilan dan juga hal-hal yang tercantum dalam menu pada website toshiba.com mudah diprediksi oleh user. Contoh pada menu Laptop Accesories & Parts :

Disini perusahaan dapat memprediksi tampilan dari menu Laptop Accesories & Parts yang berisi beberapa produk dan accesories bermerek toshiba yang diperlukan pengguna.




e. Sequentiality:
Tampilan website toshiba yang sudah memenuhi urutan menu ataupun sub menu yang jelas, logis, ritmik dan efisien. Urutan menu dan sub menu diurutkan berdasarkan yang paling banyak dikunjungi oleh user.
Tampilan website toshiba yang memenuhi urutan menu yang jelas :






f. Economy :
Dalam tampilan website ini sangat minimalis sekali karena background website ini berwarna putih dan font yang berwarna hitam dan biru muda sehingga tampilan website tampak sederhana dan berkesan menarik. Ditambah beberapa fitur gambar yang 3 dimensi dengan warna mencolok sehingga tampak menarik dalam tampilan website tersebut.

Tampilan gambar pada website Toshiba yang sudah memenuhi standar dari sisi Economy :









Tampilan Halaman utama website yang minimalis



g. Unity :
Dalam tampilan ukuran tulisan ataupun menu dalam website ini sudah cukup dengan struktur desain website. Dengan penggunaan tulisan yang diberi warna biru muda dan juga pergantian warna menu bila di klik menjadi warna hitam. Hal ini dapat mempermudah pengguna dalam mengoperasikan website tersebut.
Warna merk yang terpampang jelas dengan warna merah tebal menjadi cirri khas tersendiri dari jenis dan warna font yang lainnya, seperti jenis dan warna font pada tampilan menu utama.


Tampilan Menu yang sudah terstruktur



h. Proportion :
Penampilan font pada tampilan website Toshiba sangat jelas, mudah dimengerti dan mudah dibaca.
Tampilan Font pada website yang jelas dibaca dan warnanya sudah terpadu dengan bacground

i. Simplicity vs complexity:
Penggunaan layar website sudah mengoptimalkan elemen layar ,minimalkan alignment points, terutama horisontal/ kolom .

j. Groupings :
Dalam tampilan website Toshiba sudah terdapat pengelompokan menu ataupun pengelompokan link-link yang diperlukan dalam menunjang website tersebut. Seperti gambar dibawah ini. Menunjukkan isi dari tiap sub menu yang telah terkelompokkan ke dalam menu-menu yang sesuai denga seb menunya,

Tampilan pengelompokan menu pada menu Consumer Products

Tampilan pengelompokan menu pada menu Business Products

Tampilan pengelompokan menu pada menu Industrial Products

Tampilan pengelompokan menu pada menu Services & Support



Tampilan pengelompokan menu pada menu Inside Toshiba :




5. Compatibility
Website ini sudah dapat dikatakan compatible, karena dapat dialankan di browser yang berbeda. Dalam hal ini, perusahaan mencoba di Mozilla Firefox dan google chrome. Di kedua web browser tersebut, didapatkan tampilan yang sama.

Website Toshiba yang dicoba dengan menggunakan google chrome :



Website Toshiba yang dicoba dengan menggunakan Mozilla Firefox :







6. Configurability
Dari segi configurability, website ini bersifat konstan, tidak dapat dipersonalisasi oleh user.
7. Consistancy
Dari segi consistancy website ini belum dapat dikatakan consistent karena tampilan halaman tiap menu website berbeda . Contohnya tampilan halaman utama pada website berbeda dengan tampilan pada halaman consumer products berbeda dengan tampilan pada halaman laptop and netbook.

Tampilan Halaman Consumer Products :

Tampilan Halaman Laptop and Netbook






8. Directness
Website ini belum menerapkan prinsip direcness, karena di dalam website ini tidak ada layanan pembelian online atau penjualan online. Website ini hanya menjelaskan spesifikasi produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan TOSHIBA.

9. Obviousness
Website toshiba ini sudah dapat dikatakan obvious, karena user dapat dengan mudah mengetahui dan memahami apa yang akan dilakukan pada saat melihat tampilan di web ini.

Tampilan halaman Companies and Businesses





10. Recovery
Menurut kelompok kami website ini tidak mempunyai fungsi recovery karena tidak ada transaksi penjualan dalam website ini.
11. Responsiveness
Prinsip responsiveness belum 100% terpenuhi oleh website ini. Hal ini dikarenakan ada beberapa tombol yang saat disentuh tidak memberikan efek sama sekali. Tetapi ada pula tombol yang memberikan efek, misalnya perubahan warna atau ada tulisan diseperusahaanr tombol yang disentuh.

12. Control
Dalam website ini terkadang ada beberapa tombol yang tidak dapat digunakan dengan baik. Sehingga user sedikit mengalami kesulitan atau kebingungan dalam berinteraksi dengan website ini. Contohnya tombol link pada judul halaman di bawah ini :

13. Efficiency
Menurut kelompok perusahaan website toshiba kurang efisien. Karena penempatan menu yang ada dimana-mana (kanan atas,kiri dan bawah) sehingga membuat pergerakan mata tidak dapat diminimalisasi dan tidak efisien.
Tampilan link atau menu yang tidak teratur pada website toshiba


14. Familiarity
Prinsip familiarity sudah diterapkan pada website ini. Penggunaan bahasa yang digunakan merupakan bahasa internasional yang mudah dipahami dan merupakan bahasa yang universal.
15. Flexibility
Tidak ada layanan untuk mengubah ke bahasa Indonesia, terkecuali layanan terjemahan dari suatu web yang memang digunakan untuk browsing dengan fitur yang ada pada web untuk browsing tersebut.
16. Forgiveness
Tidak ada fitur forgiveness untuk mengembalikan tampilan awal ketika user melakukan kesalahan pada penggunaan halaman situs.
17. Immersion
Website ini sudah mengandung prinsip immersion. Dilihat dari tampilan awal pada saat pertama kali diakses, sudah langsung menampilkan beberapa produk baru dari toshiba.
18. Operability
Website ini sudah memenuhi dalam hal operability karena tiap sub menu mempunyai operator dan desain berbeda. Sehingga dapat disimpulkan tiap halaman mempunyai operator atau server beda.

19. Perceptibility
Pengguna website toshiba dalam memilih pilihan menu sudah dapat memberikan persepsi tentang tampilan yang akan muncul dalam menu tersebut.

Tampilan Halaman High Devinition TV






Tampilan pada halaman Consumer Products.

2.4. Analisis Desain Interface Website Toshiba.com Berdasarkan Tampilan Menu
2.4.1. Home
Ketika user membuka alamat http://www.toshiba.com/tai/ maka akan muncul tampilan awal seperti gambar di bawah ini :

Tampilan dasar yang warna putih dengan background promosi produk berwarna merah merupakan kombinasi yang tepat, karena tidak merusak keindahan tampilan jika user berinteraksi dengan halaman website ini.
Selain itu penempatan halaman website sudah seimbang, yakni rata kiri kanan dan atas bawah.
 Pada bagian pojok kanan atas terdapat ciri khas font yang menggambarkan merk TOSHIBA dengan kalimat slogan yang menjadi ciri khas dari produk ini, yakni
 Di bagian bawah logo, terdapat deretan menu utama. Yakni Home, Products, Support & Drivers, Managed Print, Software & Service, Security, dan yang terakhir adalah About Us.
 Di bawah menu utama terdapat produk ternaru dari Toshiba yang terpampang secara otomatis(iklan berjalan). Gambar bisa diklik untuk mengetahui lebih jauh tentang produk yang sedang dipublikasikan.
 Di bawah iklan terhadap produk, terdapat sepintas informasi mengenai toshiba. Meskipun informasi ini sudah ada dalam menu tertentu yang menjelaskan tentang TOSHIBA, informasi ini ditampilkan secara langsung di halaman home.

 Seperti pada kolom pertama menampilkan ‘Toshiba America Fondation’ yang berisi tentang aplikasi sebuah media pembelajaran untuk mendukung proyek-proyek inovatif yang dirancang oleh ahli sains untuk membuat kelas mejadi menarik dan sukses bagi siswa.
 Kolom kedua Toshiba Social Responsibility, merupakan sedikit penjelasan tentang integral dari etos perusahaan & perusahaantelah ditunjuk tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) sebagai sa;ah satu inisiatif perusahaan.
 Kolom ketiga adalah Explora Vision Awards, berisi tentang mengeksplorasi visi teknologi masa depan dengan menggabungkan imajinasi mereka dengan alat-alat ilmu pengetahuan.
 Trade-In & Recycling Program, program untuk PC menawarkan pelanggan kesempatan untuk trade-in PC mereka digunakan (Toshiba dan non-Toshiba PC) dan upgrade ke PC Toshiba baru. Menjadi Green Mudah denganToshiba.



Di bagian paling bawah sebelah kiri terdapat Term of Use yang berisikan tentang persetujuan persyaratan ketika menggunakan situs ini.
 Samping kanan Term of Use, terdapat link Site Map yang berisi tentang struktur isi dari menu-menu utama.
 Pada sisi kanan paling bawah terdapat paparan mengenai hak cipta terhadap website toshiba.com regional America states.


2.4.2. Customer Products
Berisi tentang pilihan produk-produk dari merk toshiba. Ketika meletakkan kursor pada menu ini akan muncul sub menu yang terlihat pada gambar di samping. Terdapat gambar monitor dan laptop yang menggambarkan bahwa menu ini berisi tentang produk dari toshiba.

Pengelompokan produk berdasarkan jenis produk. Seperti kelompok produk :
 Laptops & Netbooks
 Laptop Accessories
 Televisions
 Blu-ray Palyers
 DVD Palyers
 HD Camcorders
 LED Lighting
 Dan lain sebagainya
Di dalam pengelompokan tersebut terbagi lagi menjadi tipe-tipe pada tiap produk

Bila langsung meng-klik menu tersebut akan langsung terhubung ke halaman Customer Products

Pada halaman menu tersebut ditampilkan beberapa produk terbaru dari Toshiba,pada bagian paling bawah pada halaman terdapat menu pilihan produk dimana bila meg-klik salah satu dari menu tersebut akan langsung tehubung dengan halaman informasi produk yang berkaitan, contoh: Video & electronic >> Blue-ray Player



2.4.3. Business Products
Berisi tentang produk-produk Toshiba yang secara khusus ditujukan untuk kelancaran bisnis perusahaan. Diwakilkan dengan gambar telepon sekaligus mesin fax yang identik dengann peralatan kantor.

Pada menu ini juga terdapat submenu dari Business Products, yaitu:
 Copiers/Printers/Faxes/Scanners
 Electronic Components/Semiconductors
 Hard Disk Drives
 Laptop Computers
 Sueveillance & IP video Products
 Liquid Crystal Displays
 Medical Imaging
 Telecommunications
Bila langsung meng-klik menu tersebut maka akan langsung terhung ke halaman Business Products

Pada halaman menu tersebut ditampilkan beberapa produk terbaru dari Toshiba, pada bagian paling bawah pada halaman terdapat menu pilihan produk dimana bila meg-klik salah satu dari menu tersebut akan langsung tehubung dengan halaman informasi produk yang berkaitan, contoh: Broadcasting Systems >> Broadcasting System


2.4.4. Services & Support
Berisi layanan dan pendukung terhadap produk-produk TOSHIBA. Sebuah layanan yang diberikan untuk memuaskan user yang menjadi prioritas utama bagi TOSHIBA. Berikut tampilan ketika menu Service & Support dipilih :
i

 B

 Pada halaman menu tersebut ditampilkan beberapa kategori dari produk Toshiba tepat pada bagian tengah dimana bila meg-klik salah satu dari menu tersebut akan langsung tehubung dengan halaman informasi yang berhubungan dengan informasi pendukung dan layanan produk yang berkaitan seperti: informasi garansi, tempat servis terdekat, pendaftaran registrasi produk,dll. contoh: Customer Product Sopport >> Laptop Computers

 Background untuk penulisan menu sederhana, namun terkesan menarik. Dengan kombinasi warna abu-abu dan putih yang tidak mencolok membuat user nyaman dalam berinteraksi dengan interface ini.
 Warna biru pada font cukup serasi dengan background berwarna abu-abu.
 Di bagian paling bawah terdapat suatu paparan singkat mengenai kepedulian TOSHIBA terhadap bumi.
 Telah menerapkan prinsip desain Complexity, karena desain interface di atas telah meminimalkan aligment pada layar halaman website. Sehingga benar-benar menggunakan elemen layar secara maksimal namu menarik.
 Ketika user meng-klik Laptop Computers pada Customer Produk Support maka tampil halaman yang pada sisi kanan atas terdapat layanan search. Dimana kotak layanan ini dapat digunakan user dalam mencari informasi yang dibutuhkan oleh user.



 Penggunaan bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dipilih sebagai bahasa yang digunakan pada setiap halaman. Dengan jenis font yang konsisten interface tersebut telah memenuhi prinsip desain UI , yakni Consistent.



2.4.5. Inside Toshiba
desainMenu Inside Toshiba berisi sub menu yang pada umunya mengenai seluk beluk TOSHIBA. Atau dapat dikatakan pula menu yang disediakan untuk user yang ingin mengetahui lebih jauh tentang TOSHIBA. Berikut Tampilan ketika user memilih menu Inside Toshiba :


 Terdapat sub menu Companies & Business merupakan sub menu yang berisi tentang perusahaan dan bisnis dari TOSHIBA.
 Selain itu juga terdapat sub menu Environment yang terkait dengan TOSHIBA yang ramah dengan lingkungan.

BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan
Dari hasil analisis website toshiba.com dengan batasan analisis pada regional Amerika Serikat, dapat disimpulkan :
 Secara umum toshiba.com sudah menggunakan prinsip desain interface secara baik. Terlihat dari penulis yang merasa nyaman ketika melakukan analisis.
 Toshiba.com memiliki banyak regional di seluruh dunia, hal ini menunjukkan bahwa TOSHIBA merupakan perusaan elektronik yang sangat besar.
 Desain yang sederhana namun tampak elegan membuat user tidak merasa bosan dalam berinteraksi dengan website ini.
 Meskipun toshiba.com hampir mebdekati sempurna, namun terdapat beberapa kekurangan yang harus diperbaiki demi menunjang website yang sempurna.
 Masih terdapat link yang tidak dapat di akses seperti link Perfomace Priced Right.
 Penggunaan bahsa yang sudah familiar pada tiap halaman website memudahkan user dalam mengerti isi dari website ini.
 Pengelompokan sub menu yang diletakkan pada menu-menu yang sesuai, membatu user dalam melakukan prediksi isi dari menu tersebut.

3.2. Saran
Saran yang dapat diberikan untuk toshiba.com adalah :
 Pemberian kotak search pada tampilan awal ketika user membuka toshiba.com
 Pembenahan terhadap link-link yang tidak dapat diakses oleh user

DAFTAR PUSTAKA
http://www.toshiba.com/tai/

By Hario, Akmal, Ayu

Contoh Tugas Analisis Website

Analisis Website Garuda Indonesia

1. Accessibility
Aspek Accessibility dalam website Garuda Indonesia menurut kelompok kami belum terpenuhi, karena website ini hanya menggunakan Bahasa Inggris, padahal ada bahkan sebagian besar pengguna website ini menggunakan Bahasa Indonesia. Karena hanya menggunakan Bahasa Inggris maka pengguna yang tidak bisa menggunakan Bahasa Inggris akan memiliki kesulitan menggunakan website ini.
Tetapi ada satu halaman yang memiliki pilihan Bahasa Indonesia yaitu halaman Online Check In.Akan tetapi setelah dipilih menu Home bahasa berubah menjadi Bahasa Inggris kembali walupun sebelumnya sudah diganti menjadi Bahasa Indonesia.

2. Esthetically Pleasing
Penempatan menu tidak terstruktur. Menu berada di bagian kanan atas, samping dan bawah sehingga kalau dilihat dari segi estetika kurang indah dilihat.

3. Availability
Website Garuda Indonesia ini jika dilihat dilihat dari segi availability sudah memenuhi. Hal ini dapat dilihat dari tampilan utamanya yang menyediakan banyak menu sehingga tidak perlu mencari lagi ke halaman yang lain.

4. Clarity
Menurut kelompok kami website ini sudah cukup jelas. Terlihat dari penamaan menu yang jelas dan sesuai dengan fungsionlaitas yang diberikan. Selain itu terdapat pula notice atau penjelasan pada bebrapa fungsionalitas yang disediakan, salah satu contohnya adalah pada waktu online check in yang terdapat penjelasan seputar check in.

5. Compatibility
Website ini sudah dapat dikatakan compatible, karena dapat dialankan di browser yang berbeda. Dalam hal ini, kami mencoba di Mozilla Firefox dan Internet Explorer. Di kedua web browser tersebut, didapatkan tampilan yang sama.

6. Configurability
Dari segi configurability, website ini bersifat konstan, tidak dapat dipersonalisasi oleh user.

7. Consistency
Dilihat dari tampilannya, website ini tidak konsisten. Terbukti dari tampilan yang berbeda di beberapa menu. Misalnya, di halaman utama akan memiliki tampilan yang berbeda dengan tampilan di halaman online check in, dan berbeda lagi dengan tampilan di halaman news.

8. Control
Dalam website ini terkadang ada beberapa tombol yang tidak dapat digunakan dengan baik. Misalnya tombol Book Now yang terkadang tidak berfungsi apabila di klik.

9. Directness
Website ini sudah menerapkan prinsip direcness. Contohnya pada saat booking tiket user dapat langsung malakukan booking tiket tanpa harus melakukan hal lain yang tidak berhubungan dengan pemesanan tiket.

10. Efficiency
Menurut kelompok kami website Garuda Indonesia kurang efisien. Karena penempatan menu yang ada dimana-mana (kanan atas,kiri dan bawah) sehingga membuat pergerakan mata tidak dapat diminimalisasi dan tidak efisien.

11. Familiarity
Prinsip familiarity sudah diterapkan pada website ini. Penggunaan logo Garuda Indonesia pada halaman website membuat user menjadi familiar dan tahu kalau website tersebut adalah website Garuda Indonesia.

12. Flexibility
Dari segi menu yang digunakan user awampun dapat menggunakan website ini karena penamaan menu yang jelas. Sedangkan dari segi bahasa yang digunakan menurut kelompok kami website Garuda Indonesia kurang flrksibel. Hal ini dikarenakan di berbagai halaman website hanya digunakan Bahasa Inggris sehingga user yang masih awam menjadi kurang mengetahui maksud dari kata-kata yang digunakan. Misalnya menu online check in, user yang masih awam dengan dunia penerbangan mungkin saja akan merasa kesulitan jika tidak ada terjemahan atau penjelasan apa itu check in.

13. Forgiveness
Website ini belum menerapkan prinsip forgiveness. Karena pada saat melakukan booking tiket, saat user sudah melakukan search, tidak ada tombol back untuk membatalkan atau kembali kelangkah sebelumnya, yang ada hanyalah tombol next.

14. Immersion
Website ini sudah mengandung prinsip immersion. Dilihat dari tampilan awal pada saat pertama kali diakses, sudah langsung menampilkan halaman untuk booking, sehingga user dapat langsung memesan tiket pesawat domestik antar kota di Indonesia.

15. Obviousness
Website garuda Indonesia ini sudah dapat dikatakan obvious, karena user dapat dengan mudah mengetahui dan memahami apa yang akan dilakukan pada saat melihat tampilan di web ini.

16. Operability
Website ini tidak dapat dioperasikan oleh semua orang, terutama yang tidak bisa menggunakan bahasa Inggris. Karena tampilan bahasa Indonesianya minim, tidak semua halaman berbahsa Indonesia.

17. Perceptibility
Menurut kelompok kami, website Garuda Indonesia sudah memenuhi prinsip perceptibility. Hal ini dikarenakan dengan melihat halaman website user cenderung sudah mengetahui bahwa website tersebut adalah website pesawat terbang.

18. Predictability
Pada saat melakukan online check in terdapat gambar progress langkah-langkah yang dilakukan sehingga user dapat memprediksikan langkah selanjutnya yang akan dilakukan. Misalnya jika sekarang user sudah melakukan search maka langkah selanjutnya adalah flight, review, passanger, purchase dan reservation.
Predictibility

19. Recovery
Website ini sudah dapat recovery jika terjadi keslahan. Misalnya saat User belum memilih kota tujuan maka akan muncul pesan bahwa kota tujuan belum dipilih.

20. Responsiveness
Prinsip responsiveness belum 100% terpenuhi oleh website ini. Hal ini dikarenakan ada beberapa tombol yang saat disentuh tidak memberikan efek sama sekali. Tetapi ada pula tombol yang memberikan efek, misalnya perubahan warna atau ada tulisan disekitar tombol yang disentuh.

21. Safety
Dalam website Garuda Indonesia ini sudah menerapkan prinsip safety misalnya pada saat pemesanan tiket pulang pergi. Pada saat user memasukkan tanggal berangkat 5 September 2010 dan tanggal pulang 1 September 2010, maka aka nada warning bahwa tanggal pulang lebih cepat daripada tanggal pergi. Dengan adanya warning ini akan membantu Customer mengetahui bahwa dia telah melakukan kesalahan.

22. Simplicity
Pada website ini terdapat fungsionalitas select Departure Date dan Return Date, yang sebenarnya dengan fungsionalitas ini user dapat melakukan input Departure Date dan Return Date tanpa harus ada fungsionalitas tambahan yang ada disebelah kiri fungsionalitas select yang sudah ada. Dengan adanya fungsionalitas tambahan ini maka simplicity menjadi hal yang dikorbankan.

23. Transparency
Website ini sudah mengijinkan User untuk focus pada tugas yang ada. Misalnya pada saat memesan tiket, User dapat focus pada pemesanan tiket tanpa perlu memikirkan hal lain diluar kebutuhan pemesanan tiket.

24. Visibility
Website ini sudah menerapkan prinsip visibility. Terlihat dari adanya penunjuk progress langkah-langkah pada saat booking tiket.

25. Trade-offs
Dari analisis beberapa prinsip di atas, prinsip yang dikorbankan adalah simplicity, efficiency, Aesthetically Pleasing untuk memenuhi prinsip availability.

Kekurangan:
- tidak konsisten, terdapat disain tampilan halaman yang berbeda-beda di beberapa halaman.
- fungsi search yang tidak jalan
- tidak dapat digunakan oleh semua orang, terutama yang kurang bisa berbahasa Inggris
- terdapat tombol yang kadang tidak berfungsi
- tidak ada tombol back u tuk kembali ke halmaa sebelumnnya pada saat pemesanan.
- Penempatan menu di berbagai tempat, sehingga terlihat kurang indah.

Kelebihan yang dilihat dari web ini adalah:
- Menekankan pada pemahaman user
Web Garuda Indonesia sangat menekankan pada pemahaman user. Setiap nama-nama menu yang ada sesuai dengan isi dari menu tersebut. Misalnya menu “Domestic Flight” berisi penjadwalan dan pemesanan tiket untuk penerbangan dalam negeri.

Ada beberapa menu yang khusus disediakan web ini untuk berusaha memberitahukan pada user informasi-informasi esensial mengenai Garuda Indonesia. Misalnya terdapat Menu Essential Information untuk memberitahukan menganai sistem pemesanan, perjalanan, dan hal-hal lain yang dapat membantu user.

Pada saat pengisian form atau melakukan transaksi seperti reservasi, user seperti dibimbing untuk dapat mengisi form dengan benar dengan mengetahui setiap tahapan-tahapannya

- Tampilan yang sederhana
Tampilan luar dari web ini sederhana, namun perpaduan antara setiap warna menyatu.
- Notifikasi untuk mengingatkan user
Pada web ini juga terdapat notifikasi yang dapat mengingatkan user, misalnya ketika user salah ketika menginputkan data pada form pemesanan atau data yang kosong, maka akan dikeluarkan notifikasi. Ini merupakan wujud dari bentuk tolerasi sistem terhadap human error. Human error mungkin terjadi pada setiap manusia, jika tidak ada penanganan yang baik, maka akan terjadi begitu banyak error, terutama pada database sistem itu sendiri.

Saran :
1. disediakan fungsionalitas bahasa Indonesia untuk semua halaman.
2. disain tampilan disamakan di setiap halaman.
3. terdapat tombol back untuk kembali ke halaman sebelumnya.
4. menenpatkan menu di satu tempat untuk efisiensi pergerakan mata.
5. perbaikan pada beberapa fungsionlaitas, misalnya search dan tombol yang kadang kurang berfungsi.

Referensi :http://apalagidong.wordpress.com


By Hario, Satya, Ari SI09