Rabu, 20 April 2011

Contoh Tugas Analisis Website

Analisis Website Tosiba


BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Seiring dengan datangnya arus globalisasi, teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan sangat cepat. Meluasnya akses terhadap fasilitas komunikasi massa dan alat informasi termasuk internet dalam beberapa tahun terakhir ini telah menciptakan transformasi besar-besaran dalam interaksi sesama manusia. Media komunikasi dan peralatan elektronik terus berkembang untuk memenuhi tuntutan lingkungan yang terus mengacu pada pertumbuhan teknologi.
Kemajuan teknologi selalu melahirkan suatu produk baru yang pastinya memenuhi permintaan pasar. Dengan munculnya berbagai produk-produk baru dilandasi dengan kecanggihan teknologi menjadikan konsumen untuk terus mengejar kemajuan teknologi dengan menggunakan kecanggihan suatu produk. Kenyamanan dalam menikmati peralatan yang berteknologi canggih membuat masyarakat berperilaku konsumtif terhadap produk-produk yang semakin canggih. Dengan adanya tuntutan era globalisasi perusahaan TOSHIBA terus menciptakan produk canggih yang memberikan kenyamanan terhadap penggunaan produk tersebut. Dengan strategi pemasaran berbasis internet, memungkinkan konsumen diberikan kemudahan dalam mencari informasi yang customer butuhkan mengenai produk TOSHIBA. Desain Interface pada halaman web yang sederhana namun tidak membosankan user dalam berinteraksi dengan halaman web tersebut, menjadikan suatu strategi bisnis dari pembuat web untuk menarik user untuk terus mengunjungi toshiba.com. Dalam makalah ini akan menganalisis halaman web toshiba.com dengan batasan toshiba.com regional Amarika Serikat dari segi tujuan, definisi,visi & komitmen perusahaan, analisis dari segi interface beserta fungsi-fungsinya yang memberikan kemudahan kepada user dalam melakukan interaksi dengan halaman website ini.

1.2. Tujuan
Dalam pembuatan analisis ini bertujuan untuk :
1.2.1. Memenuhi tugas perkuliahan dalam mata kuliah IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) sebagai pengganti UTS (Ujian Tengah Semester).
1.2.2. Menganalisis desain interface pada halaman web toshiba.com
1.2.3. Mengetahui isi dari web toshiba.com

1.3. Manfaat
Manfaat pembuatan analisis terhadap web toshiba.com adalah sebagai :
1.3.1. Pembelajaran dalam menganalisis suatu halaman website
1.3.2. Cara dalam mengimplementasikan materi perkuliahan interaksi dan prinsip desain interface dalam mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer

1.4. Rumusan Masalah
1.4.1. Apakah tujuan, visi, dan komitmen perusahaan dalam menjalankan bisnis ini?
1.4.2. Bagaimana isi dari web toshiba.com dilihat dari tatanan desain interfacenya?
1.4.3. Apa kesimpulan dari hasil analisis toshiba.com?

1.5. Batasan Masalah
1.5.1. Tujuan website
1.5.2. Struktur website
1.5.3. Fungsi dari tampilan pada website
1.5.4. Analisis desain interface berdasarkan prinsip desain interface

BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Definisi Perusahaan Toshiba.com
Toshiba Corporation yang berbasis di Tokyo, adalah produsen dan pemasar beragam produk elektronik dan listrik maju, mencakup informasi dan peralatan komunikasi dan sistem, solusi berbasis internet dan jasa, komponen elektronik dan material, sistem tenaga, industri dan sistem infrastruktur sosial, dan peralatan rumah tangga. Perusahaan ini 9 produsen terintegrasi terbesar di dunia peralatan listrik dan elektronik, dengan penjualan di seluruh dunia dan konsolidasi beberapa karyawan 161.000 tahunan lebih dari US $ 53 miliar.

2.2. Visi dan Komitmen Toshiba.com

2.2.1. Visi Toshiba.com

2.2.1.1. Visi Lingkungan 2050
Manusia akan terus memajukan teknologi dan terus bergerak maju untuk menciptakan nilai diperkaya. Such enriched value, however, is not created in human society alone. diperkaya nilai seperti itu, bagaimanapun, tidak diciptakan dalam masyarakat manusia saja.. Manusia masyarakat manfaat dari jasa yang diberikan oleh ekosistem, termasuk suplai air, oksigen, dan sumber daya lainnya, serta pemurnian masalah limbah dari masyarakat manusia. Perusahaan tidak bisa membangun masyarakat yang berkelanjutan kecuali jika perusahaan terlebih dahulu kegiatan kperusahaan dalam kapasitas lingkungan yang memungkinkan jasa ekosistem untuk bekerja secara efektif. Sangat penting untuk memastikan koeksistensi dengan lingkungan global, yang mengelilingi masyarakat manusia.
Toshiba Grup telah mengembangkan lingkungan Visi 2050, sebuah visi perusahaan yang membayangkan gaya hidup makmur selaras dengan Bumi sebagai situasi ideal umat manusia pada tahun 2050, dan akan bekerja untuk mewujudkan visi ini.
Sepanjang siklus hidup produk mulai dari pembuatan dan gunakan untuk pemakaian ulang dan daur ulang, Toshiba Group akan berusaha untuk menyediakan gaya hidup nyaman lebih aman dan lebih dan menciptakan nilai bagi pelanggan diperkaya. Grup juga akan berusaha untuk selaras dengan Bumi dengan bekerja untuk mengurangi perubahan iklim, menggunakan sumber daya secara efisien, dan mengelola bahan kimia, tiga pilar dari sistem manajemen lingkungan.


2.2.1.2. Indikator Kinerja
Mengekspresikan penciptaan nilai baru dan harmoni dengan Bumi - dua gol dideklarasikan dalam Lingkungan Visi 2050 - sebagai fraksi, dengan mantan pembilang dan yang terakhir sebagai denominator dan mengejar dua gol pada saat yang sama ini didasarkan pada konsep panggilan "eco-efisiensi." Toshiba Group derajat peningkatan eko-efisiensi "Faktor," dan meningkatkan Faktor mengarah ke gaya hidup makmur selaras dengan Bumi. Oleh karena itu, berolahraga imajinasi perusahaan dan, berdasarkan beberapa prediksi membentuk masa depan masyarakat, perusahaan menguji apa yang harus Faktor di dunia pada tahun 2050. Diasumsikan bahwa produk domestik bruto (PDB) suatu negara mencerminkan nilai yang rakyatnya dapat menikmati. Menurut Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), world'saverage PDB per kapita diperkirakan akan tumbuh 3,4 kali pada tahun 2050.

2.2.1.3. Sebagai Warga Korperat di Planet Bumi
Berkontribusi pada penciptaan lingkungan yang baik global, dan menghormati budaya dan adata istiadat di masyarakat di seluruh dunia ketika melakukan bisnis, dan berkontribusi kepada masyarakat lokal. Toshiba Group akan menawarkan solusi optimal dengan mempertimbangkan semua situasi yang berbeda di berbagai wilayah dunia seperti kemakmuran ekonomi, sumber daya diakses, dan pembangunan infrastruktur.

2.2.1.4. Inisiatif untuk mewujudkan Masyarakat yang Berkelanjutan
Dalam pengelolaan lingkungan , penting untuk mengevaluasi secara kuantitatif apakah inisiatif perusahaan benar-benar membuat kemajuan menuju terwujudnya masyarakat yang berkelanjutan. Toshiba Group memperkenalkan KAPUR berbasis metode evaluasi * komprehensif dan sejak menggunakannya sebagai indikator pengelolaan lingkungan. Penilaian KAPUR metode lingkungan berdasarkan perhitungan kerusakan, menilai dampak pada empat elemen yang harus dilindungi: kehidupan, dan faktor-faktor penting untuk mempertahankan kehidupan, baik untuk masyarakat manusia dan ekosistem.


2.2.1.5. Pengurangan emisi CO2 untuk Produk eko
Sehubungan dengan penghijauan Teknologi atau menyediakan peralatan energi, pengurangan emisi CO total efek 2 dihitung dengan mengalikan perbedaan antara emisi CO 2 koefisien rata-rata per unit listrik dari semua pembangkit listrik termal yang beroperasi di FY2020 dan emisi CO 2 koefisien per unit sumber daya alternatif Toshiba pembangkit listrik beroperasi di FY2020, dengan total volume listrik yang akan dihasilkan dalam FY2020 (lihat tabel di bawah).


2.2.1.6. Toshiba Gaya eko
Dalam rangka untuk lebih mempercepat inisiatif untuk pengelolaan lingkungan melalui tiga konsep "Green" karena bertujuan untuk menjadi salah satu perusahaan terkemuka di dunia eco-dan menekankan pendekatan terhadap isu-isu lingkungan dalam spektrum yang luas dari masyarakat, Toshiba Group telah mendirikan eko Toshiba gaya "sebagai merek global bersatu untuk inisiatif lingkungan. Ini akan bekerja untuk mencapai dua gaya eko pada skala global: (1) Bagi individu, produk perusahaan eko-sadar menciptakan nilai dan membantu untuk mewujudkan kaya, gaya hidup yang lebih beragam, sekaligus mengurangi dampak pada lingkungan global. Bagi masyarakat, kemajuan perusahaan di sistem tenaga, jaringan transmisi canggih dan sistem infrastruktur penting aman tingkatan baru kenyamanan, keselamatan dan keamanan, sementara memberikan kontribusi bagi terwujudnya planet Bumi lebih hijau.

2.2.2. Komitmen Toshiba.com
Sebagai "warga korporat planet Bumi," mempromosikan Grup Toshiba manajemen berorientasi CSR, menempatkan penting untuk bertindak dengan integritas dalam semua kegiatan bisnis. Dalam rangka mempertahankan praktek bisnis yang adil dan adil dan untuk mendapatkan kepercayaan dari seluruh masyarakat di mana perusahaan melakukan bisnis, perusahaan menempatkan prioritas tinggi pada kepatuhan hukum, hak asasi manusia dan lingkungan.


2.3. Analisis Website Toshiba.com Berdasarkan Prinsip Desain Interface
1. Accessibility
Aspek Accessibility dalam website TOSHIBA menurut kelompok perusahaan sudah terpenuhi, karena user cukup mudah berinteraksi dengan website ini Selain itu website ini sudah menggunakan beberapa bahasa yang dapat diakses pada setiap posisi negara pada pengguna. Terdapat berbagai macam bahasa yang dapat diakses oleh pengguna.

Tampilan pilihan menu bahasa






Tampilan menu utama yang menggunakan bahasa inggris dan tidak ada pemilihan bahasa


2. Aesthetically pleasing
Dalam hal penempatan menu dalam website TOSHIBA sangat bagus dan terstruktur sehingga dapat mempermudah pengguna dalam memilih menu yang diinginkan. Menu tersusun dari kiri ke kanan berdasarkan menu yang paling sering dikunjungi oleh user.

Tampilan menu pada website Toshiba yang terstruktur

3. Availability
Menampilkan objek yang harus tampil setiap saat ketika user membuka link atau menu, sub menu ataupun informasi yang dipilih oleh user. Dalam halaman web toshiba.com terdapat objek yang selalu tampak ketika membuka halaman lain dari link web toshiba.com adalah merk TOHIBA beserta slogan yang tertera di bawah tulisan merk TOSHIBA. Dan peletakannya pun konsisten berada pada posisi kiri paling atas.

4. Clarity
Jelas secara visual, dimana dapat didefinisikan sebagai berikut :
a. Balance :
Website Toshiba ini cukup konsisten dalam tataletak elemen website. Dengan memperhatikan rata kiri-kanan dan atas-bawah sehingga website ini tampak teratur dan rapi soal desain interfacenya. Ukuran menupun juga diperhatikan agar tampak rapi. Posisi halaman website tepat berada pada centre oada tampilan di layar monitor.

b. Symmetry:
Ukuran desain antar muka dalam tampilan website toshiba sudah setara dan berulang kiri dan kanan.

c. Regularity :
Dalam website toshiba ukuran font, gambar, tataletak menu dalam website sudah teratur dan rapi. Begitu juga warna latarnya yang minimalis berwarna putih dengan font berwarna biru muda dan hitam sehingga mempermudah pengguna dalam melihat elemen-elemen yang ada dalam website tersebut.
Tampilan Menu Utama Website Toshiba yang tata letaknya sudah memenuhi standar prinsip desain UI dari sisi regularity :





d. Predictability
Predictability disini mengandung arti tampilan menu yang ada mudah diprediksi atau mudah tergambarkan mengenai sub menunya.
Tampilan dan juga hal-hal yang tercantum dalam menu pada website toshiba.com mudah diprediksi oleh user. Contoh pada menu Laptop Accesories & Parts :

Disini perusahaan dapat memprediksi tampilan dari menu Laptop Accesories & Parts yang berisi beberapa produk dan accesories bermerek toshiba yang diperlukan pengguna.




e. Sequentiality:
Tampilan website toshiba yang sudah memenuhi urutan menu ataupun sub menu yang jelas, logis, ritmik dan efisien. Urutan menu dan sub menu diurutkan berdasarkan yang paling banyak dikunjungi oleh user.
Tampilan website toshiba yang memenuhi urutan menu yang jelas :






f. Economy :
Dalam tampilan website ini sangat minimalis sekali karena background website ini berwarna putih dan font yang berwarna hitam dan biru muda sehingga tampilan website tampak sederhana dan berkesan menarik. Ditambah beberapa fitur gambar yang 3 dimensi dengan warna mencolok sehingga tampak menarik dalam tampilan website tersebut.

Tampilan gambar pada website Toshiba yang sudah memenuhi standar dari sisi Economy :









Tampilan Halaman utama website yang minimalis



g. Unity :
Dalam tampilan ukuran tulisan ataupun menu dalam website ini sudah cukup dengan struktur desain website. Dengan penggunaan tulisan yang diberi warna biru muda dan juga pergantian warna menu bila di klik menjadi warna hitam. Hal ini dapat mempermudah pengguna dalam mengoperasikan website tersebut.
Warna merk yang terpampang jelas dengan warna merah tebal menjadi cirri khas tersendiri dari jenis dan warna font yang lainnya, seperti jenis dan warna font pada tampilan menu utama.


Tampilan Menu yang sudah terstruktur



h. Proportion :
Penampilan font pada tampilan website Toshiba sangat jelas, mudah dimengerti dan mudah dibaca.
Tampilan Font pada website yang jelas dibaca dan warnanya sudah terpadu dengan bacground

i. Simplicity vs complexity:
Penggunaan layar website sudah mengoptimalkan elemen layar ,minimalkan alignment points, terutama horisontal/ kolom .

j. Groupings :
Dalam tampilan website Toshiba sudah terdapat pengelompokan menu ataupun pengelompokan link-link yang diperlukan dalam menunjang website tersebut. Seperti gambar dibawah ini. Menunjukkan isi dari tiap sub menu yang telah terkelompokkan ke dalam menu-menu yang sesuai denga seb menunya,

Tampilan pengelompokan menu pada menu Consumer Products

Tampilan pengelompokan menu pada menu Business Products

Tampilan pengelompokan menu pada menu Industrial Products

Tampilan pengelompokan menu pada menu Services & Support



Tampilan pengelompokan menu pada menu Inside Toshiba :




5. Compatibility
Website ini sudah dapat dikatakan compatible, karena dapat dialankan di browser yang berbeda. Dalam hal ini, perusahaan mencoba di Mozilla Firefox dan google chrome. Di kedua web browser tersebut, didapatkan tampilan yang sama.

Website Toshiba yang dicoba dengan menggunakan google chrome :



Website Toshiba yang dicoba dengan menggunakan Mozilla Firefox :







6. Configurability
Dari segi configurability, website ini bersifat konstan, tidak dapat dipersonalisasi oleh user.
7. Consistancy
Dari segi consistancy website ini belum dapat dikatakan consistent karena tampilan halaman tiap menu website berbeda . Contohnya tampilan halaman utama pada website berbeda dengan tampilan pada halaman consumer products berbeda dengan tampilan pada halaman laptop and netbook.

Tampilan Halaman Consumer Products :

Tampilan Halaman Laptop and Netbook






8. Directness
Website ini belum menerapkan prinsip direcness, karena di dalam website ini tidak ada layanan pembelian online atau penjualan online. Website ini hanya menjelaskan spesifikasi produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan TOSHIBA.

9. Obviousness
Website toshiba ini sudah dapat dikatakan obvious, karena user dapat dengan mudah mengetahui dan memahami apa yang akan dilakukan pada saat melihat tampilan di web ini.

Tampilan halaman Companies and Businesses





10. Recovery
Menurut kelompok kami website ini tidak mempunyai fungsi recovery karena tidak ada transaksi penjualan dalam website ini.
11. Responsiveness
Prinsip responsiveness belum 100% terpenuhi oleh website ini. Hal ini dikarenakan ada beberapa tombol yang saat disentuh tidak memberikan efek sama sekali. Tetapi ada pula tombol yang memberikan efek, misalnya perubahan warna atau ada tulisan diseperusahaanr tombol yang disentuh.

12. Control
Dalam website ini terkadang ada beberapa tombol yang tidak dapat digunakan dengan baik. Sehingga user sedikit mengalami kesulitan atau kebingungan dalam berinteraksi dengan website ini. Contohnya tombol link pada judul halaman di bawah ini :

13. Efficiency
Menurut kelompok perusahaan website toshiba kurang efisien. Karena penempatan menu yang ada dimana-mana (kanan atas,kiri dan bawah) sehingga membuat pergerakan mata tidak dapat diminimalisasi dan tidak efisien.
Tampilan link atau menu yang tidak teratur pada website toshiba


14. Familiarity
Prinsip familiarity sudah diterapkan pada website ini. Penggunaan bahasa yang digunakan merupakan bahasa internasional yang mudah dipahami dan merupakan bahasa yang universal.
15. Flexibility
Tidak ada layanan untuk mengubah ke bahasa Indonesia, terkecuali layanan terjemahan dari suatu web yang memang digunakan untuk browsing dengan fitur yang ada pada web untuk browsing tersebut.
16. Forgiveness
Tidak ada fitur forgiveness untuk mengembalikan tampilan awal ketika user melakukan kesalahan pada penggunaan halaman situs.
17. Immersion
Website ini sudah mengandung prinsip immersion. Dilihat dari tampilan awal pada saat pertama kali diakses, sudah langsung menampilkan beberapa produk baru dari toshiba.
18. Operability
Website ini sudah memenuhi dalam hal operability karena tiap sub menu mempunyai operator dan desain berbeda. Sehingga dapat disimpulkan tiap halaman mempunyai operator atau server beda.

19. Perceptibility
Pengguna website toshiba dalam memilih pilihan menu sudah dapat memberikan persepsi tentang tampilan yang akan muncul dalam menu tersebut.

Tampilan Halaman High Devinition TV






Tampilan pada halaman Consumer Products.

2.4. Analisis Desain Interface Website Toshiba.com Berdasarkan Tampilan Menu
2.4.1. Home
Ketika user membuka alamat http://www.toshiba.com/tai/ maka akan muncul tampilan awal seperti gambar di bawah ini :

Tampilan dasar yang warna putih dengan background promosi produk berwarna merah merupakan kombinasi yang tepat, karena tidak merusak keindahan tampilan jika user berinteraksi dengan halaman website ini.
Selain itu penempatan halaman website sudah seimbang, yakni rata kiri kanan dan atas bawah.
 Pada bagian pojok kanan atas terdapat ciri khas font yang menggambarkan merk TOSHIBA dengan kalimat slogan yang menjadi ciri khas dari produk ini, yakni
 Di bagian bawah logo, terdapat deretan menu utama. Yakni Home, Products, Support & Drivers, Managed Print, Software & Service, Security, dan yang terakhir adalah About Us.
 Di bawah menu utama terdapat produk ternaru dari Toshiba yang terpampang secara otomatis(iklan berjalan). Gambar bisa diklik untuk mengetahui lebih jauh tentang produk yang sedang dipublikasikan.
 Di bawah iklan terhadap produk, terdapat sepintas informasi mengenai toshiba. Meskipun informasi ini sudah ada dalam menu tertentu yang menjelaskan tentang TOSHIBA, informasi ini ditampilkan secara langsung di halaman home.

 Seperti pada kolom pertama menampilkan ‘Toshiba America Fondation’ yang berisi tentang aplikasi sebuah media pembelajaran untuk mendukung proyek-proyek inovatif yang dirancang oleh ahli sains untuk membuat kelas mejadi menarik dan sukses bagi siswa.
 Kolom kedua Toshiba Social Responsibility, merupakan sedikit penjelasan tentang integral dari etos perusahaan & perusahaantelah ditunjuk tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) sebagai sa;ah satu inisiatif perusahaan.
 Kolom ketiga adalah Explora Vision Awards, berisi tentang mengeksplorasi visi teknologi masa depan dengan menggabungkan imajinasi mereka dengan alat-alat ilmu pengetahuan.
 Trade-In & Recycling Program, program untuk PC menawarkan pelanggan kesempatan untuk trade-in PC mereka digunakan (Toshiba dan non-Toshiba PC) dan upgrade ke PC Toshiba baru. Menjadi Green Mudah denganToshiba.



Di bagian paling bawah sebelah kiri terdapat Term of Use yang berisikan tentang persetujuan persyaratan ketika menggunakan situs ini.
 Samping kanan Term of Use, terdapat link Site Map yang berisi tentang struktur isi dari menu-menu utama.
 Pada sisi kanan paling bawah terdapat paparan mengenai hak cipta terhadap website toshiba.com regional America states.


2.4.2. Customer Products
Berisi tentang pilihan produk-produk dari merk toshiba. Ketika meletakkan kursor pada menu ini akan muncul sub menu yang terlihat pada gambar di samping. Terdapat gambar monitor dan laptop yang menggambarkan bahwa menu ini berisi tentang produk dari toshiba.

Pengelompokan produk berdasarkan jenis produk. Seperti kelompok produk :
 Laptops & Netbooks
 Laptop Accessories
 Televisions
 Blu-ray Palyers
 DVD Palyers
 HD Camcorders
 LED Lighting
 Dan lain sebagainya
Di dalam pengelompokan tersebut terbagi lagi menjadi tipe-tipe pada tiap produk

Bila langsung meng-klik menu tersebut akan langsung terhubung ke halaman Customer Products

Pada halaman menu tersebut ditampilkan beberapa produk terbaru dari Toshiba,pada bagian paling bawah pada halaman terdapat menu pilihan produk dimana bila meg-klik salah satu dari menu tersebut akan langsung tehubung dengan halaman informasi produk yang berkaitan, contoh: Video & electronic >> Blue-ray Player



2.4.3. Business Products
Berisi tentang produk-produk Toshiba yang secara khusus ditujukan untuk kelancaran bisnis perusahaan. Diwakilkan dengan gambar telepon sekaligus mesin fax yang identik dengann peralatan kantor.

Pada menu ini juga terdapat submenu dari Business Products, yaitu:
 Copiers/Printers/Faxes/Scanners
 Electronic Components/Semiconductors
 Hard Disk Drives
 Laptop Computers
 Sueveillance & IP video Products
 Liquid Crystal Displays
 Medical Imaging
 Telecommunications
Bila langsung meng-klik menu tersebut maka akan langsung terhung ke halaman Business Products

Pada halaman menu tersebut ditampilkan beberapa produk terbaru dari Toshiba, pada bagian paling bawah pada halaman terdapat menu pilihan produk dimana bila meg-klik salah satu dari menu tersebut akan langsung tehubung dengan halaman informasi produk yang berkaitan, contoh: Broadcasting Systems >> Broadcasting System


2.4.4. Services & Support
Berisi layanan dan pendukung terhadap produk-produk TOSHIBA. Sebuah layanan yang diberikan untuk memuaskan user yang menjadi prioritas utama bagi TOSHIBA. Berikut tampilan ketika menu Service & Support dipilih :
i

 B

 Pada halaman menu tersebut ditampilkan beberapa kategori dari produk Toshiba tepat pada bagian tengah dimana bila meg-klik salah satu dari menu tersebut akan langsung tehubung dengan halaman informasi yang berhubungan dengan informasi pendukung dan layanan produk yang berkaitan seperti: informasi garansi, tempat servis terdekat, pendaftaran registrasi produk,dll. contoh: Customer Product Sopport >> Laptop Computers

 Background untuk penulisan menu sederhana, namun terkesan menarik. Dengan kombinasi warna abu-abu dan putih yang tidak mencolok membuat user nyaman dalam berinteraksi dengan interface ini.
 Warna biru pada font cukup serasi dengan background berwarna abu-abu.
 Di bagian paling bawah terdapat suatu paparan singkat mengenai kepedulian TOSHIBA terhadap bumi.
 Telah menerapkan prinsip desain Complexity, karena desain interface di atas telah meminimalkan aligment pada layar halaman website. Sehingga benar-benar menggunakan elemen layar secara maksimal namu menarik.
 Ketika user meng-klik Laptop Computers pada Customer Produk Support maka tampil halaman yang pada sisi kanan atas terdapat layanan search. Dimana kotak layanan ini dapat digunakan user dalam mencari informasi yang dibutuhkan oleh user.



 Penggunaan bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dipilih sebagai bahasa yang digunakan pada setiap halaman. Dengan jenis font yang konsisten interface tersebut telah memenuhi prinsip desain UI , yakni Consistent.



2.4.5. Inside Toshiba
desainMenu Inside Toshiba berisi sub menu yang pada umunya mengenai seluk beluk TOSHIBA. Atau dapat dikatakan pula menu yang disediakan untuk user yang ingin mengetahui lebih jauh tentang TOSHIBA. Berikut Tampilan ketika user memilih menu Inside Toshiba :


 Terdapat sub menu Companies & Business merupakan sub menu yang berisi tentang perusahaan dan bisnis dari TOSHIBA.
 Selain itu juga terdapat sub menu Environment yang terkait dengan TOSHIBA yang ramah dengan lingkungan.

BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan
Dari hasil analisis website toshiba.com dengan batasan analisis pada regional Amerika Serikat, dapat disimpulkan :
 Secara umum toshiba.com sudah menggunakan prinsip desain interface secara baik. Terlihat dari penulis yang merasa nyaman ketika melakukan analisis.
 Toshiba.com memiliki banyak regional di seluruh dunia, hal ini menunjukkan bahwa TOSHIBA merupakan perusaan elektronik yang sangat besar.
 Desain yang sederhana namun tampak elegan membuat user tidak merasa bosan dalam berinteraksi dengan website ini.
 Meskipun toshiba.com hampir mebdekati sempurna, namun terdapat beberapa kekurangan yang harus diperbaiki demi menunjang website yang sempurna.
 Masih terdapat link yang tidak dapat di akses seperti link Perfomace Priced Right.
 Penggunaan bahsa yang sudah familiar pada tiap halaman website memudahkan user dalam mengerti isi dari website ini.
 Pengelompokan sub menu yang diletakkan pada menu-menu yang sesuai, membatu user dalam melakukan prediksi isi dari menu tersebut.

3.2. Saran
Saran yang dapat diberikan untuk toshiba.com adalah :
 Pemberian kotak search pada tampilan awal ketika user membuka toshiba.com
 Pembenahan terhadap link-link yang tidak dapat diakses oleh user

DAFTAR PUSTAKA
http://www.toshiba.com/tai/

By Hario, Akmal, Ayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar