Analisis web ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu :
1. Visibility of system status
Tidak ditemukan masalah
2. Match between system and the real world
Masalah Ditemukan: Metode pembayaran yang tidak sesuai dengan tempat asal pembeli tiket. Disini contohnya seseorang yang berangka dari Singapura, ditawarkan metode pembayaran melalui ATM Bank di Indonesia.
Solusi Masalah: Hilangkan metode pembayaran yang tidak sesuai dengan tempat asal pengguna.
3. User control and freedom
Masalah Ditemukan: Penggunaan Javascript yang berlebihan. User yang mematikan fungsi javascript di browsernya tidak dapat melakukan navigasi dengan baik dan memesan tiket.
Solusi Masalah: Kurangi penggunaan Javascript pada fungsi-fungsi utama website. Buat secondary navigasi berbasiskan text pada bagian footer.
Masalah Ditemukan: Penggunaan Breadcumb yang tidak sesuai dengan standar. Breadcumb tidak dapat di klik untuk mengizinkan pengguna kembali pada halaman sebelumnya berdasarkan tingkat hirarki.
Solusi Masalah: Buat Breadcumb dapat di klik untuk memudahkan kembali ke tahap sebelumnya. Tanpa harus menekan tombol kembali pada bawah halaman.
Masalah Ditemukan: Tidak ada fungsi pencarian.
Solusi Masalah: Buat fungsi pencarian untuk memudahkan pengguna.
4. Consistency and standards
Masalah Ditemukan: Penempatan logo yang tidak sesuai dengan konvensi
Solusi Masalah: Buat gambar header baru dengan logo di pojok kiri atas
Masalah Ditemukan: Pada beberapa halaman, mengklik logo tidak membawa pengguna ke halaman awal
Solusi Masalah: Buat logo link back ke homepage
Masalah Ditemukan: Text link yang tidak berubah warna ketika telah dikunjungi.
Solusi Masalah: Buat setting di css, jika sebuah halaman di kunjungi maka text link terkait berubah warna
Masalah Ditemukan: Pada beberapa halaman tombol tidak highlight jika sedang berada di halaman tersebut.
Solusi Masalah: Perbaiki code pada sistem navigasi bar.
5. Error prevention
Masalah Ditemukan: Input format kartu kredit tidak jelas
Solusi Masalah: Buat deskripsi jelas mengenai format input atau berikan layout text box yang baik sesuai dengan yang tertera pada kartu kredit.
6. Recognition rather than recall
Tidak ditemukan
7. Flexibility and efficiency of use
Masalah Ditemukan: Pengguna harus memilih negara dan bahasa pada setiap kunjungan melalui splash page.
Solusi Masalah: Dengan menyimpan pilihan pengunjung, sehingga pada kunjungan berikutnya tidak perlu memilih negara dan bahasa kembali.
Masalah Ditemukan: Banyak halaman yang mati dan dalam tahap “Under Construction”
Solusi Masalah: Lakukan pengecekan berkala pada halaman-halaman yang mati. Jangan mempublish halaman yang hanya menampilkan pesan “Under Construction”.
8. Aesthetic and minimalist design
Masalah Ditemukan: Halaman Pop-up dan penggunaan Javascript
Solusi Masalah: Penggunaan Javascript untuk sendiri sebaiknya dihindari ditambah dengan halaman pop-up. Halaman popup mengakibatkan pengguna kehilangan orientasi. Hindari penggunaan halaman pop-up.
Masalah Ditemukan: Penggunaan grafik dengan kualitas gambar rendah
Solusi Masalah: Gunakan grafik dengan kualitas sedang dengan tetap memperhatikan ukuran gambar.
Masalah Ditemukan: Tidak ada icon pada link file pdf
Solusi Masalah: Berikan ikon pada file-file pdf
9. Help users recognize, diagnose, and recover from errors
Tidak Ditemukan
10. Help and documentation
Masalah Ditemukan: Tidak ada Sitemap
Solusi Masalah: Buat halaman khusus sitemap. Sitemap berguna untuk menolong pengunjung dan bot search engine untuk menemukan halaman pada sebuah website.
Masalah Ditemukan:Tidak ada halaman Help atau FAQ.
Solusi Masalah: Buat halaman khusus untuk menampilkan fungsi Help atau bisa dengan membuat halaman Frequently Asked Question (FAQ).
Masalah Ditemukan: Tidak ada petunjuk bagaimana pengunjung memesan tiket
Solusi Masalah: Buat semacam petunjuk di halaman awal bagaimana pengguna dapat memesan tiket.
By Hario, Satya, Ari SI09
Tidak ada komentar:
Posting Komentar